Sabtu, 19 Maret 2011

K U T U

Oleh : Wahyu Prabowo

Kau hewan yang sangat kecil

kau hewan yang tidak sopan

setiap hari kau selalu di kepala

makan dan minum kau juga di kepala

kau selalu membuat kepala gatal

kenapa kau tidak mau berpindah tempat?

Penulis adalah siswa kelas VIIIB SMP Darush Sholihin. Tinggal di dusun Toyomerto, sebuah lembah permai di lereng bukit Panderman, Batu, Jawa Timur. Dikenal sebagai siswa kesayangan para guru karena memiliki karakter unik, suka menakuti teman-temannya dengan penampilan dan tindak tutur yang sangar.

Dalam pengulangan kata ‘kau’ yang intens, puisinya bening menurut saya. Masih dalam subyektifitas pemahaman saya, penulis total masuk secara personal dengan penjiwaan penuh terhadap puisi yang ditulisnya.

Melihat, mencermati puisi siswa sendiri ternyata memberi makanan jiwa yang ekstra lezat. Dari sini saya bisa merasakan profesi guru adalah profesi yang romantis. Setiap hari ada berbagai adegan cinta yang bisa direkam dan dituangkan dalam berbagai format karya lisan maupun tertulis. Penulis, dengan tampilan luar yang terbaca keras ternyata memiliki kelembutan rasa yang terpantul dalam karya beningnya. Tentu, estimasi dan interpetasi ini masih subyektif versi saya sebagai guru yang berbagi hari-hari efektif sekolah dengan penulis….. J

4 komentar:

  1. Nih publikasinya dah ijin ama yang empunya puisi belum bu ^_^

    BalasHapus
  2. @Hafid: sepertinya daku hanya meminta ridlo, bukan meminta izin pada ananda Wahyu.... ^_^

    BalasHapus
  3. kalo mau minta ridlo harus izin bang haji dulu bu etik ^_^

    BalasHapus