Selasa, 01 Februari 2011

Renungan Kecil Sebelum Bel Berbunyi

Saat membuat soal-soal ulangan dalam format multiple choices, sempat terpikir bahwa hidup ini tak lebih dari kegiatan memilih. Setiap hari, jam, menit, detik kita menentukan sesuatu berdasar pola hati dan pola pikir yang kita wujudkan dalam pola sikap dan tindak.
Test items atau soal yang dibuat dalam bentuk multiple choices sesungguhnya adalah untuk menyederhanakan jawaban. Dalam hidup terkadang kita dituntut untuk menyederhanakan persoalan agar tidak melebar seperti sering dijumpai pada jawaban-jawaban berbentuk esai. Menyederhanakan tidak linier dengan menggampangkan. Berpikir secara sederhana menurut saya adalah kembali pada prinsip-prinsip dasar yang standar.
Berpikir dan berperilaku atas dasar nilai-nilai cinta kasih, kejujuran, keadilan, dan budi pekerti lainnya. Dalam perjalanannya, penerapan nilai-nilai ini akan menghadapi berbagai benturan dan tantangan karena fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan manusia lainnya. Dan sekali lagi...kita memilih dan terus memilih. Pilihan kembali kepada kita. Bijaklah memilih, sahabat....

4 komentar:

  1. (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Menyeederhanakan dalam beberapa pilihan dan salah satunya tetap ada yang benar. Jadi bukan menggampangkan. Setuju, Buk!

    OOT: Fasilitas berkomentar dengan Name/Url dihidupkan dong biar kalau mau berkomentar lebih mudah dan tidak harus login ke blog atau google.

    BalasHapus
  2. :).. Sampai manggil 'teknisi' buat nge-set fasilitas Name/Url. Makasih sudah berkenan singgah di rumah yang sangat sederhana ini, pak Alam. Kayaknya sampeyan juga pendidik kalo dilihat dari blegernya. he..he.. Salam takzim.

    BalasHapus
  3. Infonya menarik jadi dapat ilmu tambahan,,makasih gan saya tunggu informasi selanjutnya

    BalasHapus